RPP Klasifikasi Makhluk Hidup SMP Kelas VII Semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 


Sekolah                                 : SMP Negeri 21 Surabaya
Mata Pelajaran                      : IPA
Kelas/Semester                     : VII/Satu
Materi Pokok                        : Klasifikasi Makhluk Hidup
Alokasi Waktu                      : 6 Pertemuan (15 JP)

A.    Kompetensi Inti        
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetisi Dasar
Indikator
3.2          Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

3.2.1        Mengklasifikasikan benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah dan yang bersifat buatan manusia.
3.2.2        Mengklasifikasian  benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana
3.2.3        Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
3.2.4        Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
3.2.5        Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
3.2.6        Menyebutkan makhluk hidup dan benda tak hidup yang ada disekitarnya.
3.2.7        Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
3.2.8        Menjelaskan kelompok makhluk hidup yang berukuran kecil (mikroskopis).
3.2.9        Mengidentifikasi protista, monera, dan fungsi.
3.2.10    Mengklasifikasikan plantae dengan kunci determinasi
3.2.11    Mengklasifikasikan animalia dengan kunci determinasi
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
4.1.1        Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
4.1.2        Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
4.1.3        Melakukan pengklasifikasian menggunakan kunci determinasi.
4.1.4        Melakukan pengamatan sederhana terhadap makhluk hidup yang mikroskopis.
4.1.5        Menyajikan hasil pengamatan dan analisis terhadap makhluk mikroskopis.
4.1.6        Melakukan pengamatan sederhana terhadap kingdom plntae dan animalia.
4.1.7        Menyajikan hasil pengamatan dan analisis kingdom plantae dan animalia.

  1. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.      Mengklasifikasika benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah dan benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.
2.      Mengklasifikasian  benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana
3.      Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks.
4.      Menjelaskan benda-benda yang bersifat sederhana.
5.      Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.   Mengklasifikasikan makhluk hidup secara dikotomi.
2.   Mengklasifikasikan makhlluk hidup secara kunci determinasi.
3.   Menyajikan hasil pengklasifikasian.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan makhluk hidup yang berukuran kecil (mikroskopis).
2.    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang berukuran kecil (mikroskopis).
3.    Melakukan pengamatan sederhana terhadap makhluk hidup yang mikroskopis.
Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Mengklasifikasikan protista, monera, dan fungi.
2.    Mengidentifikasi ciri-ciri yang terdapat pada protista, monera, dan fungi.
3.    Mengamati bagian-bagian pada protisa, monera, dan fungi.
4.    Mengidentifikasi bagian-bagian dari protista, monera, dan fungi.
5.    Menyajikan hasil analisis.
Pertemuan 5
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Mengklasifikasikan plantae.
2.    Mengklasifikasikan animalia.
3.    Mengidentifikasi jenis-jenis plantae.
4.    Mengklasifikasikan plantae secara kunci dikotomi.
5.    Mengidentifikasi jenis-jenis animalia.
6.    Mengklasifikasikan animalia.
7.    Memahami secara jelas pengklasifikasian secara dikotomi menggunakan kunci determinasi.
8.    Menyajikan hasil analisis.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Reguler
a.       Pertemuan 1
-          Ciri hidup dan tak hidup
b.      Pertemuan 2
-          Klasifikasi makhluk hidup
-          Kunci dikotomi
c.       Pertemuan 3
-          Praktikum mengamati makhluk hidup makroskopis
d.      Pertemuan 4
-          Protista, monera, dan Fungi
-          Mengidentifikasi protista, monera, dan fungi
-          Ciri-ciri dari protista, monera, dan fungi
e.       Pertemuan 5
-          Pengklasifikasi plantae dan animalia
-          Sistem klasifikasi makhluk hidup plantae dan animalia
-          Familia plantae
-          Familia animalia
f.       Pertemuan 6
-          Ulangan Harian
2.      Materi Pengayaan
-    Ciri-ciri genus dan spesies dalam kingdom plantae
-    Pengklasifikasi plantae dan animalia
3.      Materi Remidial
-          Takson klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Lineaus.
-          Klasifikasi 5 kingdom.
-          Kriteria klasifikasi tumbuhan.
-          Kriteria klasifikasi hewan.
-          Kunci determinasi.

E.     Motode Pembelajaran       :
Model                      : Kooperatif Tipe STAD, Inkuiri terbimbing
Metode                    : Diskusi

F.     Media Pembelajaran
1.      Media
a.       Pertemuan 1
Media           : Video tentang robot dan oranng bermain sepak bola
b.      Pertemuan 2
Media           : Power point klasifikasi makhluk hidup
c.       Pertemuan 3
Media           : Video tentang bakteri
d.      Pertemuan 4
Media           : Power point kingdom monera, protista, dan fungi.
e.       Pertemuan 5
Media           : Video kehidupan di suaka margasatwa dan taman flora, power point tentang plantae dan animalia.
2.      Alat
a.       Laptop                                          1 buah
b.      LCD Proyektor                            1 buah
c.       Papan tulis                                    1 buah
d.      Alat tulis                                       1 set
e.       Mikroskop                                    1 buah
f.       Plat                                               1 buah
g.      Pipet                                             1 buah

G.    Sumber Belajar
1.      Buku siswa kelas VII IPA SMP (Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
2.      Buku guru kelas VII IPA SMP (Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
3.      Lembar Kegiatan Siswa 1 “Ciri Hidup dan Tak Hidup”.
4.      Lembar Kegiatan Siswa 2 “Takson Klasifikasi dan Kunci Determinasi”.
5.      Lembar Kegiatan Peserta Didik 3 “Makhluk Hidup Mikroskopis”.
6.      Lembar Kegiatan Peserta Didik 4 “Monera, Protista, dan Fungi”.
7.      Lembar Kegiatan Peserta Didik 5 “Plantae dan Animalia”.

H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : Ciri Hidup dan Tak Hidup (3JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam ke peserta didik, mengondisikan  peserta didik dan berdoa bersama.
2.      Guru mempresensi kehadiran peserta didik.
3.      Guru memberikan tes awal ke peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal yang mereka miliki.
Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
4.      Guru memberikan pemusatan perhatian dan pemotivasian (Apersepsi), dengan menampilkan video orang berlari dan robot yang bergerak.
5.      Guru menyampaikan pokok bahasan pada materi hari ini yaitu Klasifikasi makhluk hidup.
6.      Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.
7.      Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi klasifikasi makhluk hidup
8.      Guru menyampaikan rencana kerja serta pembagian waktu belajar yaitu :
a)      Pendahuluan (20menit)
b)      Inti (70 menit)
c)      Penutup (30 menit)
10 menit
Kegiatan inti
Fase 2 : Menyajikan/menyampaikan Informasi
1.      Peserta didik memperoleh penjelasan singkat dari guru mengenai makhluk hidup dan benda tak hidup
Fasa 3 : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
2.      Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, dimana setiap kelompoknya terdiri dari 4-5 siswa yang memprioritaskan heterogenitas (keragaman) kelas.
Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar
3.      Peserta didik diberi LKS dan arahan oleh guru untuk saling membantu temannya dalam memahami materi karena nanti di akhir pembelajaran ada kuis dan kelompok yang terbaik adalah kelompok merupakan kelompok yang berkinerja baik.
4.      Peserta didik melakukan pengamatan  sesuai LKS yang diberikan guru.
5.      Peserta didik berdiskusi dengan temanya untuk mengumpulkan data dan menjawab pertanyaan yang ada pada LKS
6.      Guru berkeliling untuk membimbing peserta didik selama melakukan pengamatan dan mengawasi kinerja peserta didik
Fase 5 : Evaluasi
7.      Peserta didik mempresentasikan hasil yang diperoleh dari pengamatan yang dilakukan di depan kelas.
8.      Guru mengevaluasi hasil presentasi yang telah dilakukan peserta didik dengan memberi penguatan terhadap konsep yang diperoleh peserta didik.
60  menit
Kegiatan akhir
1.    Guru meminta peserta didik untuk memberikan komentar terhadap pembelajaran yang telah dilakukan dengan menanyakan “bagaimana pembelajaran hari ini anak-anak?”
2.    Guru membimbing peserta didik untuk merangkum materi pada pertemuan hari ini. Apakah ada yang bisa menyampaikan apa saja yang telah dipelajari hari ini?”
3.    Guru membantu menyempurnakan pendapat peserta didik yang telah mereka kemukakan dengan merangkum pembelajaran hari ini.
4.    Guru memberikan tes tertulis kepada peserta didik untuk menguji pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
Fase 6 : Memberikan Penghargaan
5.    Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
6.    Guru memberikan tugas lanjutan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari dengan membaca materi ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
7.    Guru mengonsolidasikan perhatian peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup pentingnya memahami materi hari ini karena materi minggu depan berhubungan dengan materi hari ini.
8.    Guru memberikan informasi yang lebih lanjut tentang materi selanjutnya yaitu ciri-ciri makhluk hidup
9.    Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam
10 menit

Pertemuan Kedua : Takson Klasifikasi dan Kunci Dikotomi (2JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam ke peserta didik, mengondisikan  peserta didik dan berdoa bersama.
2.      Guru mempresensi kehadiran peserta didik.
3.      Guru memberikan tes awal ke peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal yang mereka miliki.
Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
4.      Guru memberikan pemusatan perhatian dan pemotivasian (Apersepsi), dengan menampilkan gambar sayuran dan buah-buahan yang tertata di pasar.
5.      Guru menyampaikan pokok bahasan pada materi hari ini yaitu klasifikasi makhluk hidup
6.      Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.
7.      Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi kriteria klasifikasi tumbuhan, hewan, dan kunci determnasi.
8.      Guru menyampaikan rencana kerja serta pembagian waktu belajar yaitu :
a)      Pendahuluan (20menit)
b)      Inti (70 menit)
c)      Penutup (30 menit)
10 menit
Kegiatan inti
Fase 2 : Menyajikan/menyampaikan Informasi
1.      Peserta didik memperoleh penjelasan singkat dari guru mengenai klasifiksi makhluk hidup
Fasa 3 : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
2.      Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, dimana setiap kelompoknya terdiri dari 4-5 siswa yang memprioritaskan heterogenitas (keragaman) kelas.
Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar
3.      Peserta didik diberi LKS dan arahan oleh guru untuk saling membantu temannya dalam memahami materi karena nanti di akhir pembelajaran ada kelompok yang terbaik.
4.      Peserta didik melakukan pengamatan  sesuai LKS yang diberikan guru.
5.      Peserta didik berdiskusi dengan temanya untuk mengumpulkan data dan menjawab pertanyaan yang ada pada LKS
6.      Guru berkeliling untuk membimbing peserta didik selama melakukan pengamatan dan mengawasi kinerja peserta didik
Fase 5 : Evaluasi
7.      Peserta didik mempresentasikan hasil yang diperoleh dari pengamatan yang dilakukan di depan kelas.
8.      Guru mengevaluasi hasil presentasi yang telah dilakukan peserta didik dengan memberi penguatan terhadap konsep yang diperoleh peserta didik.
60  menit
Kegiatan akhir
1.        Guru meminta peserta didik untuk memberikan komentar terhadap pembelajaran yang telah dilakukan dengan menanyakan “bagaimana pembelajaran hari ini anak-anak?”
2.        Guru membimbing peserta didik untuk merangkum materi pada pertemuan hari ini. Apakah ada yang bisa menyampaikan apa saja yang telah dipelajari hari ini?”
3.        Guru membantu menyempurnakan pendapat peserta didik yang telah mereka kemukakan dengan merangkum pembelajaran hari ini.
4.        Guru memberikan tes tertulis kepada peserta didik untuk menguji pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
Fase 6 : Memberikan Penghargaan
5.        Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
6.        Guru memberikan tugas lanjutan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari dengan membaca materi
7.        Guru mengonsolidasikan perhatian peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup pentingnya memahami materi hari ini karena materi minggu depan berhubungan dengan materi hari ini.
8.        Guru memberikan informasi yang lebih lanjut tentang materi selanjutnya yaitu Kelompok makhluk hidup
9.        Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam
10 menit

Pertemuan 3 : Praktikum Pengamatan Makhluk Hidup Makroskopis (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam ke peserta didik, mengondisikan  peserta didik dan berdoa bersama.
2.      Guru mempresensi kehadiran peserta didik.
Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik.
3.      Peserta didik mengamati video tentang bakteri.
4.      Peserta didik menyampaikan idenya tentang “Bagaimana cara mengamati bakteri yang merupakan benda mikroskopis?”
5.      Guru menyampaikan pokok bahasan pada materi hari ini yaitu mempelajari cara menggunakan mikroskop.
6.      Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran
7.      Guru menyampaikan manfaat mempelajari cara penggunaan mikroskop.
8.      Guru menyampaikan rencana kerja serta pembagian waktu belajar yaitu :
a)      Pendahuluan (20 menit)
b)      Inti (900 menit)
c)      Penutup (10 menit)
15 menit
Kegiatan inti
Fase 2 : Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
1.      Peserta didik memperoleh penjelasan mengenai bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya.
2.      Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, dimana setiap kelompoknya terdiri dari 4-5 siswa yang memprioritaskan heterogenitas (keragaman) kelas dalam prestasi akademik (nilai perkembangan dari pertemuan pertama dan kedua), jenis kelamin, ras atau etnik.
3.      Perwakilan kelompok mengambil mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup. Guru mengingatkan cara membawa mikroskop dengan benar.
4.      Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat, menyayat sel daun dan mengamati menggunakan mikroskop.
Fase 3 : Memberi latihan terbimbing
5.      Peserta didik membuat preparat daun Rhoediscolor pada sisi berwarna ungu sesuai petunjuk guru.
6.      Peserta didik mengamati sel daun Rhoediscolor sisi yang berwarna ungu.
Fase 4: Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
7.         Guru ingin mengetahui pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan “Apa yang dapat kalian amati pada preparat dengan menggunakan mikroskop?”
8.         Guru memberikan penguatan bahwa di dunia banyak sekali makhluk hidup yang berukuran mikroskopis. Makhluk hidup tersebut dapat diamatai dengan menggunakan mikroskop. Para ilmuwan tidak akan bisa meneliti makhluk hidup mikroskopis tanpa adanya mikroskop.
Fase 5: Memberi kesempatan untuk pelatihan lanjut dan penerapan
9.         Peserta didik mendapatkan LKS.
10.     Peserta didik melakukan pengamatan stomata daun sesuai LKS.
11.     Peserta didik menggambar hasil pengamatan tabel hasil pengamatan.
12.     Guru membimbing peserta didik yang kesulitan dan mengawasi kinerja dari kelompok
13.     Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya.
14.     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik
90  menit
Kegiatan akhir
1.         Guru meminta peserta didik untuk memberikan komentar terhadap pembelajaran yang telah dilakukan dengan menanyakan “bagaimana pembelajaran hari ini anak-anak?”
2.         Guru membimbing peserta didik untuk merangkum materi pada pertemuan hari ini. Apakah ada yang bisa menyampaikan apa saja yang telah dipelajari hari ini?”
3.         Guru membantu menyempurnakan pendapat peserta didik yang telah mereka kemukakan dengan merangkum pembelajaran hari ini.
4.         Guru memberikan tugas lanjutan dengan mempelajari materi selanjutnya yaitu besaran turunan
5.         Guru mengonsolidasikan perhatian peserta didik pada materi besaran pokok pentingnya memahami materi hari ini karena materi minggu depan berhubungan dengan materi hari ini.
6.         Guru memberikan informasi yang lebih lanjut tentang materi selanjutnya yaitu Besaran turunan, meliputi Luas dan kecepatan
7.         Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam
15 menit

Pertemuan 4 : Protista, monera, fungi  (2 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam, mengkondisikan kelas (berdoa sebelum memulai belajar).
2.      Guru mempresensi kehadiran peserta didik.
3.      Guru meminta peserta didik mengerjakan soal pre test
Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
Mengamati
4.      Pemusatan perhatian dan pemotivasian : Menampilkan pada slide gambar fungi.
5.      Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar yang telah ditampilkan.
6.      Guru meminta peserta didik berpendapat tentang gambar yang telah ditampilkan.
7.      Peserta didik menyampaikan pendapatnya.
8.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu.
10 menit
Kegiatan inti
Fase 2 : Menyajikan/menyampaikan Informasi
1.      Guru menjelaskan kepada siswa tentang :
a.    Pengertian klasifikasi makhluk hidup
b.   Tingkat takson
c.    Binomial nomenklatur
d.   Sistem klasifikasi makhluk hidup monera, protista, dan fungi.
Fasa 3 : Mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok belajar
2.      Membagi peserta didik dalam 4-5 orang secara heterogen dan memberikan lembar kerja peserta didik(LKPD 4) kepada masing – masing kelompok.
Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Mengasosiasikan
3.      Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan kegiatan  sesuai dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKS 4).
4.      Peserta didik mendiskusikan kegiatan sesuai dengan LKS.
5.      Guru berkeliling untuk membimbing peserta didik yang kesulitan.
Fase 5 : Evaluasi
Mengkomunikasi
6.      Perwakilan setiap kelompok menyajikan hasil diskusi, termasuk memberikan penjelasan atau analisisnya.
7.      Memberi kesempatan kelompok untuk mempresentasikan hasilnya dan ditanggapi kelompok lain.
Catatan: sembari melakukan proses pembimbingan saat praktikum dan presentasi hasil, guru melakukan penilaian sikap dengan dipandu instrumen lembar penilaian sikap.
8.      Guru memberikan umpan balik dari hasil kegiatan peserta didik serta memberikan kesempatan peserta didik untuk membaca kembali dan menggaris bawahi informasi – informasi penting yang telah di dapat dari hasil presentasi.
9.      Guru memberikan tes tertulis kepada peserta didik untuk menguji pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
60  menit
Kegiatan akhir
Menanya :
1.    Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya tentang materi hari ini yang belum jelas.
2.    Guru meminta peserta didik untuk merangkum hasil pembelajaran yang telah dipelajari.
3.    Guru bersamapeserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan.
Fase 6 : Memberikan Penghargaan
4.    Guru memberikan penghargaan berupa tambahan nilai kepada kelompok yang mempunyai hasil tes tertinggi.
5.    Peserta didik diminta untuk mempelajari kembali materi hari ini dan materi yang akan dibahas pertemuan selanjutnya.
6.    Guru membimbing doa peserta didik dan memberi salam.
10 menit

Pertemuan 5 : Plantae, animalia (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam, mengkondisikan kelas ( berdoa sebelum memulai belajar) dan menanyakan kehadiran  peserta didik.
Fase 1: Klasifikasi Tujuan
2.      Guru memberikan video tentang kehidupan disuaka margasatwa dan taman flora untuk memusatkan perhatian peserta didik
3.      Guru menanyakan pendapat peserta didik terhadap apa yang diamati pada video
4.      Peserta didik menyampaikan pendapat sesuai dengan apa yang diamati
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Kegiatan inti
Fase 1 : Menyajikan Informasi
1.      Guru memberikan kepada siswa tentang:
a.    Sistem klasifikasi makhluk hidup animalia dan plantae
b.    Famili Animalia
c.    Famili Plantae
d.   Kunci determinasi
Fase 3: Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok
2.      Guru membagi peserta didik dalam (3-5 peserta didik/kelompok) secara heterogen untuk melakukan tugas pada LKS 5 5
3.      Guru memberikan LKS 5 pada masing-masing kelompok belajar
Fase 4: Membimbing kelompok belajar
4.      Peserta didik mengamati LKS 5 yang diberikan guru
5.      Peserta didik berdiskusi untu menjawab pertanyaan pada LKS 5
6.      Guru memastikan peserta didik bekerjasama dengan baik dan memberikan arahan mengerjakan bagi yang belum memahami.
Fase 5: Evaluasi
Mengkomunikasikan
7.      Perwakilan setiap kelompok menyajikan hasil, diskusi, termasuk memberikan penjelasan atau analisisnya.
8.      Guru memberikan umpan balik
9.      Guru memberikan posttest
Fase 6 : Memberikan Penghargaan
10.  Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang terbaik dalam mengerjakan LKS 5, aktif, kritis, dan mampu bekerja sama
90  menit
Kegiatan akhir
Menanya :
1.      Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya tentang pembelajaran hari ini yang belum jelas.
2.      Guru memberikan pertanyaan atau evaluasi sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
3.      Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan.
4.      Guru memberikan informasi bahwa pertemuan selanjutnya akan diadakan ulangan harian bab 2.
5.      Guru membimbing doa peserta didik dan memberi salam.
15 menit

Pertemuan 6 : Tes Evaluasi (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam, mengkondisikan kelas ( berdoa sebelum memulai belajar) dan menanyakan kehadiran  peserta didik
2.      Guru memberikan waktu 10 menit kepada siswa untuk belajar sebelum melakukan ulangan harian
3.      Guru membagikan lembar soal dan jawaban kepada peserta didik
10 menit
Kegiatan inti
1.        Mengerjakan soal uraian 10  soal.
2.        Guru berkeliling untuk mengawasi siswa.
60  menit
Kegiatan akhir
1.      Guru mengambil kertas jawaban siswa.
2.      Guru membimbing doa peserta didik dan memberi salam.
10 menit

I.         Penilaian
1.   Teknik penilaian
a.       Sikap spritual
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Jurnal
Lampiran 1.1
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

b.      Sikap sosial
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Jurnal
Lampiran 1.1
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

c.       Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.

Tertulis
Uraian
Lampiran 2.1
Lampiran 2.2




Sebelm dan Setelah pembelajaran berlangsung
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
2.
Tes Tulis
Esai dan Uraian
Lampiran 2.3
Setelah pembelajaran berlangsung
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

d.      Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar penilaian observasi
Lampiran 2.4
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
2.
Praktik
Lembar penilaian observasi
Lampiran 2.5
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

2.      Pembelajaran Remedial
            Mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bimbingan guru. Setelah melakukan langkah-langkah pra-remedial, di antaranya analisis hasil diagnosis, menemukan penyebab kesulitan belajar dan topik-topik yang belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial berdasarkan pada rencana kegiatan yang telah ditetapkan. Pelaksanaan remedial dilakukan dengan berbagai cara. Seperti memberikan tambahan penjelasan atau contoh terutama berkaitan dengan topik-topik yang belum dikuasai serta menggunakan berbagai media dan strategi.

3.      Pembelajaran Pengayaan
Mengelompokkan gambar tumbuhan yang disajikan oleh guru berdasrkan tingkat kekerabatannya ke dalam genus dan spesies dan mengklasifikasian plantae dan Animalia.

Surabaya, 7 Agustus 2017
Mengetahui,
Guru Pamong Mata Pelajaran IPA
SMP Negeri 21 Surabaya




Wiwien Maryuni, S.Pd.
NIP 19750317 200701 2 014


Guru Praktik Ajar Nyata
Mata Pelajaran IPA




M. Khoirul Huda
NIM 14030654049


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "RPP Klasifikasi Makhluk Hidup SMP Kelas VII Semester I"

Posting Komentar