RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 21 Surabaya
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
VII/Satu
Materi Pokok :
Klasifikasi Makhluk Hidup
Alokasi Waktu :
6 Pertemuan (15 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetisi
Dasar
|
Indikator
|
3.2
Mengklasifikasikan
makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
|
3.2.1
Mengklasifikasikan benda-benda
di sekitar yang bersifat alamiah dan yang bersifat buatan manusia.
3.2.2
Mengklasifikasian benda-benda yang bersifat kompleks dan
bersifat sederhana
3.2.3
Menjelaskan
benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
3.2.4
Menjelaskan kegunaan
dari berbagai jenis benda di sekitar.
3.2.5
Menjelaskan ciri-ciri
mahkluk hidup di sekitarnya.
3.2.6
Menyebutkan makhluk
hidup dan benda tak hidup yang ada disekitarnya.
3.2.7
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
3.2.8
Menjelaskan kelompok
makhluk hidup yang berukuran kecil (mikroskopis).
3.2.9
Mengidentifikasi
protista, monera, dan fungsi.
3.2.10 Mengklasifikasikan plantae dengan kunci determinasi
3.2.11 Mengklasifikasikan animalia dengan kunci determinasi
|
4.2 Menyajikan
hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar
berdasarkan karakteristik yang diamati.
|
4.1.1
Melakukan pengamatan terhadap
makhluk hidup dan benda tak hidup.
4.1.2
Menyajikan hasil pengamatan,
mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
4.1.3
Melakukan pengklasifikasian
menggunakan kunci determinasi.
4.1.4
Melakukan pengamatan sederhana
terhadap makhluk hidup yang mikroskopis.
4.1.5
Menyajikan hasil pengamatan dan
analisis terhadap makhluk mikroskopis.
4.1.6
Melakukan pengamatan sederhana
terhadap kingdom plntae dan animalia.
4.1.7
Menyajikan hasil pengamatan dan
analisis kingdom plantae dan animalia.
|
- Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Mengklasifikasika benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah dan benda-benda
di sekitar yang bersifat buatan manusia.
2.
Mengklasifikasian benda-benda yang bersifat kompleks dan
bersifat sederhana
3.
Menjelaskan benda-benda yang bersifat
kompleks.
4.
Menjelaskan benda-benda yang bersifat
sederhana.
5.
Menyajikan hasil pengamatan,
mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
Pertemuan Kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Mengklasifikasikan makhluk hidup secara
dikotomi.
2.
Mengklasifikasikan makhlluk hidup secara
kunci determinasi.
3.
Menyajikan hasil pengklasifikasian.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan makhluk hidup yang berukuran
kecil (mikroskopis).
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
yang berukuran kecil (mikroskopis).
3.
Melakukan pengamatan sederhana terhadap
makhluk hidup yang mikroskopis.
Pertemuan Keempat
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Mengklasifikasikan protista, monera, dan
fungi.
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri yang terdapat
pada protista, monera, dan fungi.
3.
Mengamati bagian-bagian pada protisa,
monera, dan fungi.
4.
Mengidentifikasi bagian-bagian dari
protista, monera, dan fungi.
5.
Menyajikan hasil analisis.
Pertemuan 5
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Mengklasifikasikan plantae.
2.
Mengklasifikasikan animalia.
3.
Mengidentifikasi jenis-jenis plantae.
4.
Mengklasifikasikan plantae secara kunci
dikotomi.
5.
Mengidentifikasi jenis-jenis animalia.
6.
Mengklasifikasikan animalia.
7.
Memahami secara jelas pengklasifikasian
secara dikotomi menggunakan kunci determinasi.
8.
Menyajikan hasil analisis.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi Reguler
a. Pertemuan 1
-
Ciri
hidup dan tak hidup
b. Pertemuan 2
-
Klasifikasi
makhluk hidup
-
Kunci
dikotomi
c. Pertemuan 3
-
Praktikum
mengamati makhluk hidup makroskopis
d. Pertemuan 4
-
Protista,
monera, dan Fungi
-
Mengidentifikasi
protista, monera, dan fungi
-
Ciri-ciri
dari protista, monera, dan fungi
e. Pertemuan 5
-
Pengklasifikasi
plantae dan animalia
-
Sistem
klasifikasi makhluk hidup plantae dan animalia
-
Familia
plantae
-
Familia
animalia
f. Pertemuan 6
-
Ulangan
Harian
2.
Materi Pengayaan
- Ciri-ciri genus dan spesies dalam
kingdom plantae
- Pengklasifikasi plantae dan
animalia
3.
Materi Remidial
-
Takson
klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Lineaus.
-
Klasifikasi
5 kingdom.
-
Kriteria
klasifikasi tumbuhan.
-
Kriteria
klasifikasi hewan.
-
Kunci
determinasi.
E.
Motode Pembelajaran :
Model : Kooperatif Tipe STAD, Inkuiri terbimbing
Metode : Diskusi
F.
Media Pembelajaran
1. Media
a. Pertemuan 1
Media :
Video tentang robot dan oranng bermain sepak bola
b. Pertemuan 2
Media :
Power point klasifikasi makhluk hidup
c. Pertemuan 3
Media :
Video tentang bakteri
d. Pertemuan 4
Media :
Power point kingdom monera, protista, dan fungi.
e. Pertemuan 5
Media :
Video kehidupan di suaka margasatwa dan taman flora, power point tentang
plantae dan animalia.
2. Alat
a.
Laptop 1
buah
b.
LCD Proyektor 1
buah
c.
Papan tulis 1 buah
d.
Alat tulis 1
set
e.
Mikroskop 1
buah
f.
Plat 1
buah
g.
Pipet 1
buah
G.
Sumber Belajar
1.
Buku
siswa kelas VII IPA SMP (Indonesia. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Ilmu Pengetahuan
Alam/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
2.
Buku
guru kelas VII IPA SMP (Indonesia. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Ilmu Pengetahuan
Alam/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
3.
Lembar Kegiatan Siswa 1 “Ciri Hidup dan
Tak Hidup”.
4.
Lembar Kegiatan Siswa 2 “Takson
Klasifikasi dan Kunci Determinasi”.
5.
Lembar Kegiatan Peserta Didik 3 “Makhluk
Hidup Mikroskopis”.
6.
Lembar Kegiatan Peserta Didik 4 “Monera,
Protista, dan Fungi”.
7.
Lembar Kegiatan Peserta Didik 5 “Plantae
dan Animalia”.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama : Ciri Hidup dan Tak Hidup (3JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam ke peserta didik,
mengondisikan peserta didik dan berdoa
bersama.
2.
Guru mempresensi kehadiran peserta didik.
3.
Guru memberikan tes awal ke peserta didik untuk
mengetahui pengetahuan awal yang mereka miliki.
Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi
peserta didik
4.
Guru memberikan pemusatan perhatian dan
pemotivasian (Apersepsi), dengan menampilkan video orang berlari dan robot
yang bergerak.
5.
Guru menyampaikan pokok bahasan pada materi hari
ini yaitu Klasifikasi makhluk hidup.
6.
Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam
pembelajaran.
7.
Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi
klasifikasi makhluk hidup
8.
Guru menyampaikan rencana kerja serta pembagian
waktu belajar yaitu :
a)
Pendahuluan (20menit)
b)
Inti (70 menit)
c)
Penutup (30 menit)
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Fase 2 : Menyajikan/menyampaikan Informasi
1.
Peserta didik memperoleh penjelasan singkat dari
guru mengenai makhluk hidup dan benda tak hidup
Fasa 3 :
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
2.
Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok,
dimana setiap kelompoknya terdiri dari 4-5 siswa yang memprioritaskan
heterogenitas (keragaman) kelas.
Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar
3.
Peserta didik diberi LKS dan arahan oleh guru
untuk saling membantu temannya dalam memahami materi karena nanti di akhir
pembelajaran ada kuis dan kelompok yang terbaik adalah kelompok merupakan
kelompok yang berkinerja baik.
4.
Peserta didik melakukan pengamatan sesuai LKS yang diberikan guru.
5.
Peserta didik berdiskusi dengan temanya untuk
mengumpulkan data dan menjawab pertanyaan yang ada pada LKS
6.
Guru berkeliling untuk membimbing peserta didik
selama melakukan pengamatan dan mengawasi kinerja peserta didik
Fase 5 : Evaluasi
7.
Peserta didik mempresentasikan hasil yang
diperoleh dari pengamatan yang dilakukan di depan kelas.
8.
Guru mengevaluasi hasil presentasi
yang telah dilakukan peserta didik dengan memberi penguatan terhadap konsep
yang diperoleh peserta didik.
|
60 menit
|
Kegiatan akhir
|
1.
Guru meminta peserta didik untuk memberikan
komentar terhadap pembelajaran yang telah dilakukan dengan menanyakan
“bagaimana pembelajaran hari ini anak-anak?”
2.
Guru membimbing peserta didik untuk merangkum
materi pada pertemuan hari ini. Apakah ada yang bisa menyampaikan apa saja
yang telah dipelajari hari ini?”
3.
Guru membantu menyempurnakan pendapat peserta
didik yang telah mereka kemukakan dengan merangkum pembelajaran hari ini.
4.
Guru memberikan tes tertulis kepada peserta didik
untuk menguji pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
Fase
6 : Memberikan Penghargaan
5.
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau
bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
6.
Guru memberikan tugas
lanjutan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari dengan membaca materi ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
7.
Guru mengonsolidasikan perhatian peserta didik
pada materi klasifikasi makhluk hidup pentingnya memahami materi hari ini
karena materi minggu depan berhubungan dengan materi hari ini.
8.
Guru memberikan informasi yang lebih lanjut
tentang materi selanjutnya yaitu ciri-ciri makhluk hidup
9.
Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam
|
10 menit
|
Pertemuan
Kedua : Takson Klasifikasi dan Kunci Dikotomi (2JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam ke peserta didik, mengondisikan peserta didik dan berdoa bersama.
2.
Guru mempresensi kehadiran peserta didik.
3.
Guru memberikan tes awal ke peserta didik untuk
mengetahui pengetahuan awal yang mereka miliki.
Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi
peserta didik
4.
Guru memberikan pemusatan perhatian dan
pemotivasian (Apersepsi), dengan menampilkan gambar sayuran dan buah-buahan
yang tertata di pasar.
5.
Guru menyampaikan pokok bahasan pada materi hari
ini yaitu klasifikasi makhluk hidup
6.
Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam
pembelajaran.
7.
Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi kriteria
klasifikasi tumbuhan, hewan, dan kunci determnasi.
8.
Guru menyampaikan rencana kerja serta pembagian waktu belajar yaitu :
a)
Pendahuluan (20menit)
b)
Inti (70 menit)
c)
Penutup (30 menit)
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Fase 2 : Menyajikan/menyampaikan
Informasi
1.
Peserta didik memperoleh penjelasan singkat dari
guru mengenai klasifiksi makhluk hidup
Fasa 3 : Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok belajar
2.
Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok,
dimana setiap kelompoknya terdiri dari 4-5 siswa yang memprioritaskan heterogenitas
(keragaman) kelas.
Fase 4 :
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
3.
Peserta didik diberi LKS dan arahan oleh guru
untuk saling membantu temannya dalam memahami materi karena nanti di akhir
pembelajaran ada kelompok yang terbaik.
4.
Peserta didik melakukan pengamatan sesuai LKS yang diberikan guru.
5.
Peserta didik berdiskusi dengan temanya untuk
mengumpulkan data dan menjawab pertanyaan yang ada pada LKS
6.
Guru berkeliling untuk membimbing peserta didik
selama melakukan pengamatan dan mengawasi kinerja peserta didik
Fase 5 :
Evaluasi
7.
Peserta didik mempresentasikan hasil yang
diperoleh dari pengamatan yang dilakukan di depan kelas.
8.
Guru mengevaluasi hasil presentasi
yang telah dilakukan peserta didik dengan memberi penguatan terhadap konsep
yang diperoleh peserta didik.
|
60 menit
|
Kegiatan akhir
|
1.
Guru meminta peserta didik untuk memberikan
komentar terhadap pembelajaran yang telah dilakukan dengan menanyakan
“bagaimana pembelajaran hari ini anak-anak?”
2.
Guru membimbing peserta didik untuk merangkum
materi pada pertemuan hari ini. Apakah ada yang bisa menyampaikan apa saja
yang telah dipelajari hari ini?”
3.
Guru membantu menyempurnakan pendapat peserta
didik yang telah mereka kemukakan dengan merangkum pembelajaran hari ini.
4.
Guru memberikan tes tertulis kepada peserta didik
untuk menguji pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
Fase 6 :
Memberikan Penghargaan
5.
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau
bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
6.
Guru memberikan tugas
lanjutan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari dengan membaca materi
7.
Guru mengonsolidasikan perhatian peserta didik
pada materi klasifikasi makhluk hidup pentingnya memahami materi hari ini
karena materi minggu depan berhubungan dengan materi hari ini.
8.
Guru memberikan informasi yang lebih lanjut
tentang materi selanjutnya yaitu Kelompok makhluk hidup
9.
Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam
|
10 menit
|
Pertemuan 3 : Praktikum Pengamatan
Makhluk Hidup Makroskopis (3 JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam ke peserta didik, mengondisikan peserta didik dan berdoa bersama.
2.
Guru mempresensi kehadiran peserta didik.
Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi
peserta didik.
3.
Peserta didik mengamati video tentang bakteri.
4.
Peserta didik menyampaikan idenya tentang “Bagaimana
cara mengamati bakteri yang merupakan benda mikroskopis?”
5.
Guru menyampaikan pokok bahasan pada materi hari ini
yaitu mempelajari cara menggunakan mikroskop.
6.
Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam
pembelajaran
7.
Guru menyampaikan manfaat mempelajari cara
penggunaan mikroskop.
8.
Guru menyampaikan rencana kerja serta pembagian
waktu belajar yaitu :
a)
Pendahuluan (20 menit)
b)
Inti (900 menit)
c)
Penutup (10 menit)
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Fase 2 : Mendemonstrasikan
pengetahuan atau keterampilan
1.
Peserta didik memperoleh penjelasan mengenai
bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya.
2.
Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok,
dimana setiap kelompoknya terdiri dari 4-5 siswa yang memprioritaskan
heterogenitas (keragaman) kelas dalam prestasi akademik (nilai perkembangan
dari pertemuan pertama dan kedua), jenis kelamin, ras atau etnik.
3.
Perwakilan kelompok mengambil mikroskop, kaca
objek, dan kaca penutup. Guru mengingatkan cara membawa mikroskop dengan
benar.
4.
Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat,
menyayat sel daun dan mengamati menggunakan mikroskop.
Fase 3 :
Memberi latihan terbimbing
5.
Peserta didik membuat preparat daun Rhoediscolor pada sisi berwarna ungu
sesuai petunjuk guru.
6.
Peserta didik mengamati sel daun Rhoediscolor sisi yang berwarna ungu.
Fase 4:
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
7.
Guru ingin mengetahui pemahaman peserta didik
dengan memberikan pertanyaan “Apa yang dapat kalian amati pada preparat
dengan menggunakan mikroskop?”
8.
Guru memberikan penguatan bahwa di dunia banyak
sekali makhluk hidup yang berukuran mikroskopis. Makhluk hidup tersebut dapat
diamatai dengan menggunakan mikroskop. Para ilmuwan tidak akan bisa meneliti
makhluk hidup mikroskopis tanpa adanya mikroskop.
Fase 5:
Memberi kesempatan untuk pelatihan lanjut dan penerapan
9.
Peserta didik mendapatkan LKS.
10.
Peserta didik melakukan pengamatan stomata daun
sesuai LKS.
11.
Peserta didik menggambar hasil pengamatan tabel
hasil pengamatan.
12.
Guru membimbing peserta didik yang kesulitan dan
mengawasi kinerja dari kelompok
13.
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya.
14.
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
terbaik
|
90 menit
|
Kegiatan akhir
|
1.
Guru meminta peserta didik untuk memberikan
komentar terhadap pembelajaran yang telah dilakukan dengan menanyakan
“bagaimana pembelajaran hari ini anak-anak?”
2.
Guru membimbing peserta didik untuk merangkum
materi pada pertemuan hari ini. Apakah ada yang bisa menyampaikan apa saja
yang telah dipelajari hari ini?”
3.
Guru membantu menyempurnakan pendapat peserta
didik yang telah mereka kemukakan dengan merangkum pembelajaran hari ini.
4.
Guru memberikan tugas
lanjutan dengan mempelajari materi selanjutnya yaitu besaran turunan
5.
Guru mengonsolidasikan perhatian peserta didik pada
materi besaran pokok pentingnya memahami materi hari ini karena materi minggu
depan berhubungan dengan materi hari ini.
6.
Guru memberikan informasi yang lebih lanjut
tentang materi selanjutnya yaitu Besaran turunan, meliputi Luas dan kecepatan
7.
Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam
|
15 menit
|
Pertemuan 4 : Protista, monera,
fungi (2 JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan pendahuluan
|
1. Guru
mengucapkan salam, mengkondisikan kelas (berdoa sebelum memulai belajar).
2. Guru mempresensi
kehadiran peserta didik.
3. Guru meminta
peserta didik mengerjakan soal pre test
Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi
peserta didik
Mengamati
4. Pemusatan
perhatian dan pemotivasian : Menampilkan pada slide gambar fungi.
5. Guru meminta
peserta didik untuk mengamati gambar yang telah ditampilkan.
6. Guru meminta
peserta didik berpendapat tentang gambar yang telah ditampilkan.
7. Peserta didik
menyampaikan pendapatnya.
8. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu.
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Fase 2 :
Menyajikan/menyampaikan Informasi
1.
Guru menjelaskan kepada
siswa tentang :
a.
Pengertian klasifikasi
makhluk hidup
b.
Tingkat takson
c.
Binomial nomenklatur
d.
Sistem klasifikasi makhluk
hidup monera, protista, dan fungi.
Fasa 3 : Mengorganisasikan peserta didik dalam
kelompok-kelompok belajar
2.
Membagi
peserta didik dalam 4-5 orang secara heterogen dan memberikan lembar kerja
peserta didik(LKPD 4) kepada masing – masing kelompok.
Fase 4 :
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Mengasosiasikan
3.
Peserta
didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan kegiatan sesuai dengan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKS 4).
4.
Peserta
didik mendiskusikan kegiatan sesuai dengan LKS.
5.
Guru
berkeliling untuk membimbing peserta didik yang kesulitan.
Fase 5 :
Evaluasi
Mengkomunikasi
6.
Perwakilan
setiap kelompok menyajikan hasil diskusi, termasuk memberikan penjelasan atau
analisisnya.
7.
Memberi
kesempatan kelompok untuk mempresentasikan hasilnya dan ditanggapi kelompok
lain.
Catatan: sembari melakukan proses pembimbingan saat praktikum dan
presentasi hasil, guru melakukan penilaian sikap dengan dipandu instrumen
lembar penilaian sikap.
8.
Guru
memberikan umpan balik dari hasil kegiatan peserta didik serta memberikan
kesempatan peserta didik untuk membaca kembali dan menggaris bawahi informasi
– informasi penting yang telah di dapat dari hasil presentasi.
9.
Guru
memberikan tes tertulis kepada peserta didik untuk menguji pemahaman
terhadap materi yang dipelajari.
|
60 menit
|
Kegiatan akhir
|
Menanya :
1.
Guru memberi kesempatan
peserta didik untuk bertanya tentang materi hari ini yang belum jelas.
2.
Guru meminta peserta didik
untuk merangkum hasil pembelajaran yang telah dipelajari.
3.
Guru bersamapeserta
didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong peserta didik
untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan.
Fase
6 : Memberikan Penghargaan
4.
Guru memberikan
penghargaan berupa tambahan nilai kepada kelompok yang mempunyai hasil tes
tertinggi.
5.
Peserta didik diminta untuk
mempelajari kembali materi hari ini dan materi yang akan dibahas pertemuan
selanjutnya.
6.
Guru membimbing doa peserta didik dan
memberi salam.
|
10 menit
|
Pertemuan 5 : Plantae, animalia (3 JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan pendahuluan
|
1. Guru
mengucapkan salam, mengkondisikan kelas ( berdoa sebelum memulai belajar) dan
menanyakan kehadiran peserta didik.
Fase 1: Klasifikasi Tujuan
2. Guru
memberikan video tentang kehidupan disuaka margasatwa dan taman flora untuk
memusatkan perhatian peserta didik
3. Guru
menanyakan pendapat peserta didik terhadap apa yang diamati pada video
4. Peserta didik
menyampaikan pendapat sesuai dengan apa yang diamati
5. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Fase 1 : Menyajikan Informasi
1.
Guru
memberikan kepada siswa tentang:
a.
Sistem klasifikasi makhluk hidup animalia dan
plantae
b.
Famili Animalia
c.
Famili Plantae
d.
Kunci determinasi
Fase 3: Mengorganisasikan siswa ke
dalam kelompok
2.
Guru
membagi peserta didik dalam (3-5 peserta didik/kelompok) secara heterogen
untuk melakukan tugas pada LKS 5 5
3.
Guru
memberikan LKS 5 pada masing-masing kelompok belajar
Fase 4: Membimbing kelompok belajar
4.
Peserta
didik mengamati LKS 5 yang diberikan guru
5.
Peserta
didik berdiskusi untu menjawab pertanyaan pada LKS 5
6.
Guru
memastikan peserta didik bekerjasama dengan baik dan memberikan arahan
mengerjakan bagi yang belum memahami.
Fase 5:
Evaluasi
Mengkomunikasikan
7.
Perwakilan
setiap kelompok menyajikan hasil, diskusi, termasuk memberikan penjelasan
atau analisisnya.
8.
Guru
memberikan umpan balik
9.
Guru
memberikan posttest
Fase 6 :
Memberikan Penghargaan
10.
Guru
memberikan penghargaan terhadap kelompok yang terbaik dalam mengerjakan LKS
5, aktif, kritis, dan mampu bekerja sama
|
90 menit
|
Kegiatan akhir
|
Menanya :
1.
Guru memberi kesempatan
peserta didik untuk bertanya tentang pembelajaran hari ini yang belum jelas.
2.
Guru memberikan pertanyaan
atau evaluasi sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mengetahui tingkat
pemahaman peserta didik.
3.
Guru bersama
peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong
peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan.
4.
Guru memberikan informasi bahwa
pertemuan selanjutnya akan diadakan ulangan harian bab 2.
5.
Guru membimbing doa peserta didik dan
memberi salam.
|
15 menit
|
Pertemuan 6 :
Tes Evaluasi (3 JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam, mengkondisikan kelas (
berdoa sebelum memulai belajar) dan menanyakan kehadiran peserta didik
2.
Guru memberikan waktu 10 menit kepada siswa untuk
belajar sebelum melakukan ulangan harian
3.
Guru membagikan lembar soal dan jawaban kepada
peserta didik
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Mengerjakan soal uraian 10 soal.
2.
Guru berkeliling untuk mengawasi siswa.
|
60 menit
|
Kegiatan akhir
|
1.
Guru mengambil kertas
jawaban siswa.
2.
Guru membimbing doa peserta didik dan
memberi salam.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian
a.
Sikap spritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lampiran 1.1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
b.
Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lampiran 1.1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
c.
Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tertulis
|
Uraian
|
Lampiran 2.1
Lampiran 2.2
|
Sebelm dan Setelah pembelajaran berlangsung
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
2.
|
Tes Tulis
|
Esai dan Uraian
|
Lampiran 2.3
|
Setelah pembelajaran berlangsung
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
d.
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar penilaian observasi
|
Lampiran 2.4
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
2.
|
Praktik
|
Lembar penilaian observasi
|
Lampiran 2.5
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
2.
Pembelajaran
Remedial
Mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan
bimbingan guru. Setelah melakukan langkah-langkah pra-remedial, di antaranya
analisis hasil diagnosis, menemukan penyebab kesulitan belajar dan topik-topik
yang belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial berdasarkan pada rencana
kegiatan yang telah ditetapkan. Pelaksanaan remedial dilakukan dengan berbagai
cara. Seperti memberikan tambahan penjelasan atau contoh terutama berkaitan
dengan topik-topik yang belum dikuasai serta menggunakan berbagai media dan
strategi.
3.
Pembelajaran
Pengayaan
Mengelompokkan gambar tumbuhan yang disajikan oleh
guru berdasrkan tingkat kekerabatannya ke dalam genus dan spesies dan
mengklasifikasian plantae dan Animalia.
Surabaya, 7 Agustus 2017
Mengetahui,
Guru Pamong Mata Pelajaran IPA
SMP Negeri 21 Surabaya
Wiwien Maryuni, S.Pd.
NIP 19750317 200701 2 014
|
Guru Praktik Ajar Nyata
Mata Pelajaran IPA
M. Khoirul Huda
NIM 14030654049
|
Belum ada tanggapan untuk "RPP Klasifikasi Makhluk Hidup SMP Kelas VII Semester I"
Posting Komentar