RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP NEGERI 1
GLAGAH
Mata pelajaran : IPA
Kelas/semester : VII/I
Topik : Klasifikasi Benda
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
(2 jam pembelajaran)
A.
Kompetensi Inti
KI. 1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI. 3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan ejadian tampak mata.
KI. 4.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai yang dipelajari di
seolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan
Indikator
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengalaman ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1
Menunjukkan sikap mengagumi keteraturan dan kompleksitas makhluk hidup dan
benda tak hidup di sekitar kita sebagai wujud kekaguman atas kebesaran Tuhan
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,
bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif, dan peduli lingkungan)
dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari.
Indikator:
2.1.1
Memiliki rasa ingin tahu terhadap benda yang ada di sekitarnya.
2.1.2
Memiliki rasa tanggung jawab dalam bekerja baik secara kelompok maupun
individu
3.2 Mengidentifikasi ciri
hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di sekitar kita.
Indikator:
3.2.1
Membandingkan ciri benda-benda tak hidup dengan makhluk hidup.
3.2.2
Mengklasifikasikan benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan
sekitar.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.1.1.1.
|
Siswa mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati.
|
2.1.1.1.
|
Siswa menunjukan rasa ingin tahunya terhadap benda-benda dan makhluk hidup
yang ada di lingkungan sekitar.
|
2.1.2.1.
|
Siswa dapat menghargai pendapat teman ketika
berdiskusi.
|
2.1.2.2
|
Siswa mengetahui hasil dari diskusi sehingga
mampu menjawab ketika ditanya.
|
3.2.1.1.
|
Siswa dapat membandingkan ciri benda-benda tak
hidup dengan makhluk hidup berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan.
|
3.2.2.1.
|
Siswa
dapat mengklasifikasikan benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan
sekitar berdasarkan ciri-ciri yang didapatkan.
|
D.
Materi
Pembelajaran
Ciri-ciri
Makhluk Hidup
Secara
umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas,bergerak,
makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa,
peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
a.
Bernapas
Setiap
saat kalian bernapas, yaitu menghirup udara yang diantaranya
mengandung
oksigen (O2) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbon
dioksida
(CO2) lebih besar dari yang dihirup.
b.
Memerlukan
Makanan dan Minuman
Untuk
beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Untuk memperoleh energi,
makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.
c.
Bergerak
Tubuh
makhluk hidup dapat melakukan aktivitas
dan bergerak karena memiliki sistem gerak. Pada hewan, sistem gerak terdiri
atas tulang, sendi, dan otot. pada tumbuhan juga dapat melakukan gerak.
d.
Tumbuh
dan Berkembang
setiap
makhluk hidup mengalami pertumbuhan dari yang kecil menjadi besar dan atau
perkembangan dari sel yang sederhana menjadi sel yang lebih kompleks.
e.
Berkembang
Biak (Reproduksi)
Kemampuan
makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang
biak
(reproduksi).
f.
Peka
terhadap Rangsang
Makhluk
hidup memiliki kemampuan menanggapi rangsangan disebut iritabilitas.
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : CTL
2.
Metode : Diskusi Kelompok
3.
Model :
Pembelajaran Kooperatif tipe NHT
F.
Media/Alat/Sumber Belajar
1. Sumber belajar
a. Sugiyarto, Teguh,
dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
b. Wahono, dkk. 2013.
Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
c. Wasis, dkk. 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam Jilid 1 untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2. Alat : Laptop dan LCD
Media : Video,PPT,
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru
menayakan kabar dari siswa.
b.
Guru mengajak siswa
untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
c.
Guru meminta peserta
didik keluar kelas untuk mengamati benda-benda disekitar kelas, kemudian guru
mengajukan pertanyaan :
Ø Apa
saja yang kalian lihat di luar kelas tadi?
Ø Apakah
benda-benda yang kalian lihat di luar kelas tadi memiliki ciri-ciri yang
sama?
d.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
(Fase 1 :
Menyampaikan tujuan dan menyiapkan kelas)
|
5
menit
|
Inti
|
a. Guru memberikan informasi kepada siswa dengan
menayangkan video robot yang bergerak dengan anak kecil yang berjalan.
(Fase 2 :
Menyajikan Informasi)
a. Guru membagi kelompok 4-5 orang setiap kelompok secara heterogen
b. Guru memberikan siswa nomor
dalam tim
c. Guru memberikan pertanyaan dengan memberikan LKS kepada siswa.
(Fase 3 : Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar )
a. Guru memberi waktu 25 menit untuk siswa berfikir dan mendiskusikan
bersama kelompokknya.
b. Guru berkeliling ke semua kelompok untuk melihat bagaimana proses
pembelajaran kooperatif pada setiap kelompok.
(Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar)
a. Guru menentukan nomor untuk menjawab pertanyaan
Ø Siswa bernomor 4 menjawab pertanyaan nomor 1
Ø Siswa bernomor 5 menjawab pertanyaan nomor 2
Ø Siswa bernomor 2 menjawab pertanyaan nomor 3
Ø Siswa bernomor 1 menjawab pertanyaan nomor 4
Ø Siswa bernomor 3 menjawab pertanyaan nomor 5
b. Guru bersama seluruh siswa menentukan jawaban
yang benar dari pendapat siswa yang
menjawab pertanyaan.
(Fase 5 : Evaluasi)
|
60
menit
|
Penutup
|
a. Guru
memberikan penghargaan kepada individu/kelompok yang berkinerja baik.
b. Guru
memberikan kuis atau tes tulis untuk mengecek pemahaman siswa.
c. Guru
memberikan pesan moral/ motivasi
d. Guru
mengakhiri pembelajaran hari ini
dengan mengajak siswa berdoa setelah pembelajaran berakhir, agar ilmu yang
disampaikan hari ini dapat bermanfaat untuk kedepannya.
(Fase 6 : Memberikan Penghargaan)
|
15
menit
|
H.
Penilaian
Lembar penilaian Afektif (Sikap)
Teknik penilaian dan bentuk instrumen
1. Metode dan bentuk instrument
Metode
|
Bentuk instrument
|
Penilaian afektif (Sikap)
|
Lembar pengamatan sikap dan rubric
|
Penilaian Kognitif (Pengetahuan)
|
Lembar pengamatan keterampilan dan rubric
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
2. Instrument
a. Lembar Pengamatan Sikap
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP PADA KEGIATAN DISKUSI
NO
|
Nama
|
Tangung
jawab
|
Percaya
diri
|
Kerjasama
|
Jumlah skor
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
…
|
Rubric Penilaian Sikap dalam kegiatan Diskusi
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubric
|
Nilai
|
1
|
Tanggung
jawab
|
Dapat mengumpulkan tugas
dengan tepat waktu serta tugas telah
selesai dikerjakan
|
3
|
Tidak dapat mengumpulkan tugas dengan tepat waktu namun tugas selesai
dikerjakan
|
2
|
||
Tidak dapat mengumpulkan tugas dengan tepat waktu dan tugas tidak
selesai dikerjakan
|
1
|
||
2
|
Percaya
diri
|
Aktif dalam kegiatan tanya
jawab, dapat mengemukakan pendapat
|
3
|
Aktif dalam tanya jawab , tidak ikut megemukakan ide atau ide atau pendapat
|
2
|
||
Tidak aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan ide atau pendapat
|
1
|
||
3
|
Kerjasama
|
Bekerjasama dengan baik dan menghargai
pendapat teman
|
3
|
Bekerjasama dengan baik dan kurang
menghargai pendapat teman
|
2
|
||
Tidak bekerjasama dengan baik dan tidak menghargai
pendapat teman
|
1
|
b. Lembar Pengamatan
Keterampilan
No
|
Nama benda
disekitar skolah
|
Ciri-ciri
benda
|
Penggolongan
benda
|
|
Makhluk
hidup
|
Benda tak
hidup
|
|||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
…
|
Rubric
Penilaian Keterampilan
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubric
|
Nilai
|
1
|
Nama Benda
|
Jika mengisi nama benda sebanyak 8
|
3
|
Jika mengisi nama benda sebanyak 5
|
2
|
||
Jika mengisi nama benda sebanyak 2
|
1
|
||
2
|
Ciri-Ciri
dari Benda
|
Ciri-ciri yang dituliskan benar semua
|
3
|
Ciri-ciri yang dituliskan ada yang salah
|
2
|
||
Ciri-ciri yang dituliskan salah semua
|
1
|
||
3
|
Penggolongan
Makhluk Hidup dan Tak Hidup
|
Menggolongkan dengan benar
|
3
|
Mengisi kolom penggolongan makhluk dan tak
hidup namun salah
|
2
|
||
Tidak mengisi kolom penggolongan makhluk
hidup dan tak hidup
|
1
|
C. Instrumenst Soal Tertulis
1). Soal Uraian
Jawablah soal berikut dengan benar dan jelas!
1) Jelaskan ciri mendasar yang dimiliki makhluk hidup
sehingga dapat membedakannya dengan benda mati!
2) Bagaimana cara makhluk hidup menjaga kelestarian
hidup jenisnya?
3) Apakah perbedaan pertumbuhan dan perkembangan?
4) Tulislah ciri-ciri
makhluk hidup !
5) Tulislah 2 fenomena alam yang menjadi petunjuk
bahwa tumbuhan dapat bergerak!
2). Kunci jawaban
NO
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Berkembang biak
adalah proses reproduksi atau proses memperbaharui keturunan pada mahluk
hidup untuk mempertahankan jenisnya agar tidak punah
|
20
|
2
|
Berkembangbiak
|
10
|
3
|
Pertumbuhan (growth) adalah proses pertambahan volume yang bersifat
irrevelsible (tidak dapat kembali ke bentuk semula) pertambahan volume ini
disebabkan karena pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel.
Pertumbuhan bersifat kuantitatif artinya bisa di ukur dengan alat ukur.
Sedangkan perkembangan (development) adalah proses perubahan kearah
kedewasaan (maturation) dan bersifat kualitatif.
|
20
|
4
|
Bernapas, Memerlukan Makanan dan Minuman, Bergerak, Tumbuh dan
berkembang, Berkembang Biak (reproduksi), Peka terhadap Rangsang
(Iritabilitas),
|
30
|
5
|
Daun pada petai cina menutup pada sore
hari, dan gerak ujung akar menuju ke air
|
20
|
Belum ada tanggapan untuk "RPP kooperatif IPA SMP Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Tak Hidup"
Posting Komentar