RPP kooperatif IPA SMP Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Tak Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMP NEGERI 1 GLAGAH
Mata pelajaran             : IPA
Kelas/semester : VII/I
Topik                           : Klasifikasi Benda
Alokasi waktu             : 2 x  40 menit (2 jam pembelajaran)

A.  Kompetensi Inti
KI. 1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangauan pergaulan dan keberadaannya.
KI. 3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan ejadian tampak mata.
KI. 4.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai yang dipelajari di seolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengalaman ajaran agama yang dianutnya.
       Indikator:
1.1.1        Menunjukkan sikap mengagumi keteraturan dan kompleksitas makhluk hidup dan benda tak hidup di sekitar kita sebagai wujud kekaguman atas kebesaran Tuhan
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif, dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari.
       Indikator:
2.1.1          Memiliki rasa ingin tahu terhadap benda yang ada di sekitarnya.
2.1.2            Memiliki rasa tanggung jawab dalam bekerja baik secara kelompok maupun individu
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di sekitar kita.
       Indikator:
3.2.1        Membandingkan ciri benda-benda tak hidup dengan makhluk hidup.
3.2.2        Mengklasifikasikan benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.

C.  Tujuan Pembelajaran
1.1.1.1.
Siswa mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati.
2.1.1.1.
Siswa menunjukan rasa ingin tahunya terhadap benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
2.1.2.1.
Siswa dapat menghargai pendapat teman ketika berdiskusi.
2.1.2.2
Siswa mengetahui hasil dari diskusi sehingga mampu menjawab ketika ditanya.
3.2.1.1.
Siswa dapat membandingkan ciri benda-benda tak hidup dengan makhluk hidup berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan.
3.2.2.1.
Siswa dapat mengklasifikasikan benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan ciri-ciri yang didapatkan.





D.  Materi Pembelajaran
Ciri-ciri Makhluk Hidup
Secara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas,bergerak, makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

a.      Bernapas
Setiap saat kalian bernapas, yaitu menghirup udara yang diantaranya
mengandung oksigen (O2) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbon
dioksida (CO2) lebih besar dari yang dihirup.
b.      Memerlukan Makanan dan Minuman
Untuk beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Untuk memperoleh energi, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.
c.       Bergerak
Tubuh makhluk hidup  dapat melakukan aktivitas dan bergerak karena memiliki sistem gerak. Pada hewan, sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. pada tumbuhan juga dapat melakukan gerak.
d.      Tumbuh dan Berkembang
setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dari yang kecil menjadi besar dan atau perkembangan dari sel yang sederhana menjadi sel yang lebih kompleks.
e.       Berkembang Biak (Reproduksi)
Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang
biak (reproduksi).
f.       Peka terhadap Rangsang
Makhluk hidup memiliki kemampuan menanggapi rangsangan disebut iritabilitas.
E.  Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : CTL
2.      Metode            : Diskusi Kelompok
3.      Model              : Pembelajaran Kooperatif tipe NHT

F.    Media/Alat/Sumber Belajar
1.      Sumber belajar
a.       Sugiyarto, Teguh, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.      Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.       Wasis, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Jilid 1 untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Alat     : Laptop dan LCD
Media  : Video,PPT,
G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.       Guru menayakan kabar dari siswa.
b.      Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
c.       Guru meminta peserta didik keluar kelas untuk mengamati benda-benda disekitar kelas, kemudian guru mengajukan pertanyaan :
Ø  Apa saja yang kalian lihat di luar kelas tadi?
Ø  Apakah benda-benda yang kalian lihat di luar kelas tadi memiliki ciri-ciri yang sama?
d.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
(Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan menyiapkan kelas)
5 menit
Inti
a.       Guru memberikan informasi kepada siswa dengan menayangkan video robot yang bergerak dengan anak kecil yang berjalan.
             (Fase 2 : Menyajikan Informasi)

a. Guru membagi kelompok 4-5 orang setiap kelompok secara heterogen
b.   Guru memberikan siswa nomor dalam tim
c. Guru memberikan pertanyaan dengan memberikan LKS kepada siswa.
(Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar )

a. Guru memberi waktu 25 menit untuk siswa berfikir dan mendiskusikan bersama kelompokknya.
b. Guru berkeliling ke semua kelompok untuk melihat bagaimana proses pembelajaran kooperatif pada setiap kelompok.
(Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar)

a. Guru menentukan nomor untuk menjawab pertanyaan
Ø  Siswa bernomor 4 menjawab pertanyaan nomor 1
Ø  Siswa bernomor 5 menjawab pertanyaan nomor 2
Ø  Siswa bernomor 2 menjawab pertanyaan nomor 3
Ø  Siswa bernomor 1 menjawab pertanyaan nomor 4
Ø  Siswa bernomor 3 menjawab pertanyaan nomor 5
b.      Guru bersama seluruh siswa menentukan jawaban yang  benar dari pendapat siswa yang menjawab pertanyaan.
          (Fase 5 : Evaluasi)
60 menit
Penutup
a.  Guru memberikan penghargaan kepada individu/kelompok yang berkinerja  baik.
b.  Guru memberikan kuis atau tes tulis untuk mengecek pemahaman siswa.
c.  Guru memberikan pesan moral/ motivasi
d.   Guru mengakhiri pembelajaran hari ini dengan mengajak siswa berdoa setelah pembelajaran berakhir, agar ilmu yang disampaikan hari ini dapat bermanfaat untuk kedepannya.

        (Fase 6 : Memberikan Penghargaan)

15 menit

H.  Penilaian
Lembar penilaian Afektif (Sikap)
Teknik penilaian dan bentuk instrumen
1.      Metode dan bentuk instrument
Metode
Bentuk instrument
Penilaian afektif (Sikap)
Lembar pengamatan sikap dan rubric
Penilaian Kognitif (Pengetahuan)
Lembar pengamatan keterampilan dan rubric
Tes tertulis
Tes uraian
2.      Instrument
a.      Lembar Pengamatan Sikap
LEMBAR PENILAIAN SIKAP PADA KEGIATAN DISKUSI
NO
Nama
Tangung jawab
Percaya diri
Kerjasama
Jumlah skor
1
2
3
4
5

Rubric Penilaian Sikap dalam kegiatan Diskusi
No
Aspek yang dinilai
Rubric
Nilai
1
Tanggung jawab
Dapat mengumpulkan tugas dengan tepat waktu serta tugas telah selesai dikerjakan
3
Tidak dapat mengumpulkan tugas dengan tepat waktu namun tugas selesai dikerjakan
2
Tidak dapat mengumpulkan tugas dengan tepat waktu dan tugas tidak selesai dikerjakan
1
2
Percaya diri
Aktif dalam kegiatan tanya jawab, dapat mengemukakan pendapat
3
Aktif dalam tanya jawab , tidak ikut megemukakan ide atau ide atau pendapat
2
Tidak aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan ide atau pendapat
1
3
Kerjasama
Bekerjasama dengan baik dan menghargai pendapat teman
3
Bekerjasama dengan baik dan kurang menghargai pendapat teman
2
Tidak bekerjasama dengan baik dan tidak menghargai pendapat teman
1

b.      Lembar Pengamatan Keterampilan
No
Nama benda disekitar skolah
Ciri-ciri benda
Penggolongan benda
Makhluk hidup
Benda tak hidup
1
2
3
4
5
6
7
8

                        Rubric Penilaian Keterampilan
No
Aspek yang dinilai
Rubric
Nilai
1
Nama Benda
Jika mengisi nama benda sebanyak 8
3
Jika mengisi nama benda sebanyak 5
2
Jika mengisi nama benda sebanyak 2
1
2
Ciri-Ciri dari Benda
Ciri-ciri yang dituliskan benar semua
3
Ciri-ciri yang dituliskan ada yang salah
2
Ciri-ciri yang dituliskan salah semua
1
3
Penggolongan Makhluk Hidup dan Tak Hidup
Menggolongkan dengan benar
3
Mengisi kolom penggolongan makhluk dan tak hidup namun salah
2
Tidak mengisi kolom penggolongan makhluk hidup dan tak hidup
1

C. Instrumenst Soal Tertulis
1). Soal Uraian
Jawablah soal berikut dengan benar dan jelas!
1)      Jelaskan ciri mendasar yang dimiliki makhluk hidup sehingga dapat membedakannya dengan benda mati!
2)      Bagaimana cara makhluk hidup menjaga kelestarian hidup jenisnya?
3)      Apakah perbedaan pertumbuhan dan perkembangan?
4)      Tulislah ciri-ciri makhluk hidup !
5)      Tulislah 2 fenomena alam yang menjadi petunjuk bahwa tumbuhan dapat bergerak!
2). Kunci jawaban
NO
Kunci Jawaban
Skor
1
Berkembang biak adalah proses reproduksi atau proses memperbaharui keturunan pada mahluk hidup untuk mempertahankan jenisnya agar tidak punah
20
2
 Berkembangbiak
10
3
Pertumbuhan (growth) adalah proses pertambahan volume yang bersifat irrevelsible (tidak dapat kembali ke bentuk semula) pertambahan volume ini disebabkan karena pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel. Pertumbuhan bersifat kuantitatif artinya bisa di ukur dengan alat ukur. Sedangkan perkembangan (development) adalah proses perubahan kearah kedewasaan (maturation) dan bersifat kualitatif.
20
4
Bernapas, Memerlukan Makanan dan Minuman, Bergerak, Tumbuh dan berkembang, Berkembang Biak (reproduksi), Peka terhadap Rangsang (Iritabilitas),
30
5
Daun pada petai cina menutup pada sore hari, dan gerak ujung akar menuju ke air


20
































Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "RPP kooperatif IPA SMP Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Tak Hidup"

Posting Komentar