RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :SMP Negeri 1 Glagah
Mata Pelajaran :IPA
Kelas/Semester :
IX/2
Materi :Teknologi
Ramah Lingkungan
Alokasi waktu :6 x 40 menit (3 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
3.10 Memahami proses dan produk teknologi
ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
Indikator :
3.10.1. Mengidentifikasi
perbedaan teknologi ramah lingkungan dengan teknologi yang tidak ramah lingkungan.
3.10.2. Menjelaskan pengertian
teknologi ramah lingkungan.
3.10.2. Menjelaskan prinsip-prinsip teknologi ramah
lingkungan.
3.10.3. Menyebutkan 2 contoh
teknologi ramah lingkungan di setiap bidang yaitu bidang energi, transportasi,
lingkungan, dan industri
4.10 Menyajikan karya tentang proses dan
produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan
Indikator :
4.10.1. Mempresentasikan hasil
pengumpulan data mengenai teknologi
C.
Materi
Berdasarkan dampaknya
terhadap lingkungan, teknologi dapat dibagi menjadi teknologi tidak ramah
lingkungan dan teknologi ramah lingkungan. Teknologi tidak ramah lingkungan
pada umumnya menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi atau batu
bara, menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan serta berpotensi merusak
keseimbangan alam, dan ekosistem.
Teknologi ramah lingkungan merupakan bentuk aplikasi teknologi dengan tujuan
memberi kemudahan bagi aktivitas dan pemenuhan
kebutuhan manusia dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan.
Beberapa prinsip teknologi ini diantaranya adalah tidak menghasilkan
limbah yang berbahaya serta menggunakan
energi yang berasal dari
sumber daya alam yang dapat diperbarui.
adalah dengan memanfaatkan sumber energi alam yang
melimpah serta dapat diperbarui.
Perilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
diantaranya adalah mengurangi penggunaan alat transportasi dengan bahan bakar
minyak. Perilaku yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan kendaraan umum
dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Mulai menggunakan alat
transportasi yang ramah lingkungan seperti sepeda dan mobil dengan sumber
energi listrik atau cahaya matahari. Memanfaatkan biogas sebagai pengganti
elpiji.
D. Kegiatan
Belajar Mengajar
Model : Discovery
Learning
Pendekatan : Scientific
Metode :
diskusi, eksperimen,
1.
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Keterlaksanaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø Guru membuka
pembelajaran dengan salam.
Ø Guru mengecek
kehadiran siswa.
Ø Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Guru menyampaikan lingkup
dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
Fase 1 :
Stimulasi
Ø Guru memberikan
stimulasi dengan menampilkan video bus surya (tenaga matahari) dengan bus
berbahan bakar solar
Fase 2 : Pernyataan atau Identifikasi Masalah
Ø Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan mengenai video yang ditampilkan,kemudian
salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (mengarahkan ke teknologi
ramah lingkungan)
Fase 3 :
Pengumpulan data
Ø Guru membagi
siswa menjadi 6 kelompok
Ø Guru membagikan
LKS kepada siswa sebagai pedoman untuk mengumpulkan data .
Ø Guru menginstruksikan
siswa untuk membuktikan hipotesisnya dengan mencari informasi mengenai
teknologi ramah lingkungan dan teknologi tidak ramah lingkungan menggunakan
literatur yang bersumber dari buku, internet, dan lingkungan disekitarnya .
Ø Guru membimbing
siswa dalam memperoleh data.
Fase 4 :
Pengolahan data
Ø Siswa mengolah
data yang diperoleh dari berbagi sumber kemudian mengklasifikasikannya dalam
teknologi ramah lingkungan dan teknologi tidak ramah lingkungan.
Fase 5 :
Pembuktian
Ø Siswa melakukan
pemeriksaan tentang kesesuaian hipotesis dengan hasil pengolahan data.
Ø Siswa
mempresentasikan hasil pengolahan datanya di depan kelas.
Fase 6 : Menarik
kesimpulan
Ø Guru membimbing
siswa untuk menyimpulkan hasil pengumpulan data sehingga dapat dikaitkan
dengan video yang telah ditampilakan saat awal pembelajaran.
|
|||
3.
|
Penutup
Ø Guru bersama
siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
Ø Guru memberikan
tugas merangkum dampak- dampak pengolahan
minyak bumi dan batu bara
Ø Guru bersama
siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
Ø Guru memberi
salam penutup
|
E.
Penilaian
1.
Teknik dan bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Ø Tes
Tertulis
Ø Penilaian Keterampilan
|
Ø Uraian
Ø Lembar presentasi LKS
|
2.
Bentuk Instrumen
a. Tes Uraian
1. Biopori dapat dilakukan di sekitar rumah kita.
Jelaskan manfaat diterapkan biopori di lingkungan dan apa dampaknya jika
biopori tidak dilakukan?
2. Kegiatan apa yang dapat kamu lakukan untuk
menghemat penggunaan energi? Berikan contohnya dalam kehidupan seharihari!
3. Sebagai penerus bangsa Indonesia teknologi manakah
yang lebih baik dikembangkan antara teknologi pengolahan minyak bumi atau
batubara dan teknologi pengubahan energi angin atau air menjadi energi listrik?
Jelaskan.
4. Bagaimana teknik pemurnian air sederhana? Buatlah
skema alatnya dan beri penjelasan!
5. Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan
berikan contohnya!
Rubrik Penilaian Uraian (Lampiran 1)
b. Lembar
Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah
|
Rerata Skor
|
Nilai
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
7
|
||||||||||
8
|
||||||||||
9
|
||||||||||
10
|
||||||||||
Dst.
|
Rubrik Penilaian Presentasi (Lampiran 2)
F. Media , Alat , dan Sumber
Belajar
1. Media
a.
Power
Point
2. Alat
a.
Laptop
b.
LCD
Proyektor
c.
Papan
tulis
d.
Alat
tulis
3.
Sumber
Belajar
a. Buku
IPA SMP kelas VII, tahun 2013
b. Buku
lainya yang relefen
c. Lembar
Kerja Siswa (LKS)
d. Internet
Lampiran 1
1. Biopori dapat menjaga keseimbangan lingkungan,
mencegah banjir di musim hujan, menjaga ketersediaan air pada musim kemarau,
membantu pencegahan peyebaran penyakit yang disebabkan oleh adanya genangan
air, seperti demam berdarah, malaria, dan kaki gajah serta membantu menjaga
kesuburan dan kelestaraian organisme tanah.(20
poin)
2. Mematikan lampu yang tidak digunakan, mematikan
kendaraan bermotor jika tidak digunakan,
(5 poin)
3. Lebih baik
dikembangkan teknologi pengubahan energi angin atau air, karena teknologi ini
lebih ramah lingkungan, selain itu cadangan minyak bumi akan semakin habis
sehingga di tahun-tahun mendatang kita harus mengembangkan teknologi energi
alternatif. (20 poin)
4. Teknik pemurnian air secara sederhana dapat
menggunakan saringan yang berlapis-lapis yang terbuat dari beberapa bahan
seperti pasir, kerikil, batu, arang, ijuk atau sabut kelapa, dan
dapat juga ditambah dengan kapas atau kain katun. Air kotor dapat dituangkan ke
dalam tabung melalui bagian atas kemudian akan mengalir pada bagian bawah
sehingga diperoleh air yang sudah bersih. (35
poin)
5. Potensi energi alternatif yang dapat diterapkan di
Indonesia diantaranya adalah dengan memanfaatkan energi matahari, energy listrik
tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air serta pembangkit listrik tenaga
nuklir. (20 poin)
Lampiran 2
No
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
|
1
|
Siswa menyampaikan hasil pengolahan data yang diperoleh dengan suara
yang jelas, tidak terlalu cepat dan dapat didengar oleh semua anggota
kelompok.
|
Siswa
menyampaikan hasil pengolahan data yang diperoleh dengan suara yang jelas,
dapat didengar oleh semua anggota kelompok namun terlalu cepat.
|
Siswa menyampaikan hasil pengolahan data yang diperoleh dengan suara
yang tidak jelas dan tidak dapat didengar oleh semua anggota kelompok.
|
2
|
Memberikan bukti yang kuat atas jawaban hasil diskusi
|
Memberikan beberapa bukti atas jawabannya
|
Tidak ada bukti atas
jawabannya
|
3
|
Penyampaiannya memikat
|
Penyimpaiannya agak memikat
|
Penyampaiannya datar
|
4
|
Struktur kalimat tepat
|
Struktur kalimat agak tepat
|
Struktur kalimat banyak yang
keliru
|
5
|
Menggunakan alat bantu visual untuk membantu
presentasinya
|
Menggunakan alat bantu visual tidak sesuai
dengan presentasinya
|
Tidak menggunakan alat bantu
visual
|
6
|
Pertanyaan audiens dijawab dengan jelas dan
dengan informasi yang spesifik
|
Pertanyaan audiens dijawab dengan kurang jelas
|
Pertanyaan audiens tidak
dijawab
|
Belum ada tanggapan untuk "RPP Discovery Learning IPA SMP"
Posting Komentar