RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Glagah
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/Semester : VII/II
Materi Pokok : Gerak Lurus
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/Semester : VII/II
Materi Pokok : Gerak Lurus
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikatornya
3.8. Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk
hidup
Indikator :
3.8.1. Mendefinisikan gerak lurus.
3.8.2. Mengidentifikasi ciri-ciri gerak lurus beraturan
(glb) .
3.8.3. Mengidentifikasi ciri-ciri gerak lurus
berubah beraturan (glbb) .
3.8.4. Menjelaskan
konsep gerak lurus beraturan (glb).
3.8.5. Menjelaskan
konsep gerak lurus berubah beraturan (glbb).
3.8.6. Menyebutkan 2 contoh
gerak lurus beraturan (glb) dan gerak lurus berubah beraturan (glbb) pada
kehidupan sehari-hari.
4.8.
Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh
gaya terhadap gerak benda.
Indikator :
4.8.1. Melakukan percobaan tentang
gerak lurus beraturan (glb) dan gerak lurus berubah beraturan (glbb)
4.8.2. Mempresentasikan hasil
percobaan yang telah dilakukan.
C.
Materi Ajar
Suatu benda dikatakan melakukan
gerak lurus beraturan (GLB) jika percepatannya selalu konstan. Percepatan
merupakan besaran vektor (besaran yang mempunyai besar dan arah). Percepatan
konstan berarti besar dan arah percepatan selalu konstan setiap saat. Walaupun
besar percepatan suatu benda selalu konstan tetapi jika arah percepatan selalu
berubah maka percepatan benda tidak konstan. Demikian juga sebaliknya jika arah
percepatan suatu benda selalu konstan tetapi besar percepatan selalu berubah
maka percepatan benda tidak konstan. Karena arah percepatan benda selalu
konstan maka benda pasti bergerak pada lintasan lurus.
Arah percepatan konstan = arah
kecepatan konstan = arah gerakan benda konstan = arah gerakan benda tidak
berubah = benda bergerak lurus.Besar percepatan konstan bisa berarti kelajuan
bertambah secara konstan atau kelajuan berkurang secara konstan. Ketika
kelajuan benda berkurang secara konstan, kadang kita menyebutnya sebagai
perlambatan konstan. Untuk gerakan satu dimensi (gerakan pada lintasan lurus),
kata percepatan digunakan ketika arah kecepatan = arah percepatan, sedangkan
kata perlambatan digunakan ketika arah kecepatan dan percepatan berlawanan.
Pada gambar 1
mula-mula diam. Setelah 1 detik, mobil bergerak dengan kelajuan 2 m/s. Setelah
2 detik mobil bergerak dengan kelajuan 4 m/s. Setelah 3 detik mobil bergerak
dengan kelajuan 6 m/s. Setelah 4 detik mobil bergerak dengan kelajuan 8 m/s.
Dan seterusnya… Tampak bahwa setiap detik kelajuan mobil bertambah 2 m/s. Kita
bisa mengatakan bahwa mobil mengalami percepatan konstan sebesar 2 m/s per
sekon = 2 m/s2 .
Pada gambar 2 perlambatan konstan
(kelajuan benda berkurang secara konstan) Misalnya mula-mula benda bergerak
dengan kelajuan 10 km/jam. Setelah 1 detik, benda bergerak dengan kelajuan 8
km/jam. Setelah 2 detik benda bergerak dengan kelajuan 6 km/jam. Setelah 3
detik benda bergerak dengan kelajuan 4 km/jam. Setelah 4 detik benda bergerak
dengan kelajuan 2 km/jam. Setelah 5 detik benda berhenti.
·
Grafik
percepatan terhadap waktu
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak lurus dengan percepatan tetap. Oleh karena itu, grafik percepatan terhadap waktu (a-t) berbentuk garis lurus horisontal, yang sejajar dengan sumbuh t. lihat grafik a – t di bawah ini.
·
Grafik
kecepatan terhadap waktu (v-t) untuk Percepatan Positif
Grafik
kecepatan terhadap waktu (v-t), dapat dikelompokkan menjadi dua bagian.
Pertama, grafiknya berbentuk garis lurus miring ke atas melalui titik acuan
O(0,0), seperti pada grafik 2.1 di samping. Grafik ini berlaku apabila
kecepatan awal (v0) = 0, atau dengan kata lain benda bergerak dari keadaan
diam. Kedua, jika kecepatan awal (v0) tidak nol, grafik v-t tetap berbentuk
garis lurus miring ke atas, tetapi untuk t = 0, grafik dimulai dari v0. lihat
grafik 2.2 di samping.Jadi kemiringan pada grafik kecepatan terhadap waktu
(v-t) menyatakan nilai percepatan (a).
·
Grafik
kecepatan terhadap waktu (v-t) untuk Perlambatan
Contoh grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) untuk perlambatan dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.
D. Kegiatan Pembelajaran ( inquiri
terbimbing)
Pertemuan
2
1. Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberi salam kepada siswa.
(Assalamu’alaikum wr.wb.)
b.
Guru dan siswa berdoa sebelum
memulai pelajaran.
(Sebelum memulai pembelajaran
hari ini, silahkan ketua kelas “Mas Akbar” untuk memimpin doa)
c.
Guru mengabsensi kehadiran siswa.
(Baik bapak akan mengecek
kehadiran kalian. Akbar, Rosi, ….)
d.
Guru menampilkan video mobil
akan berhenti di lampu merah dan setelah itu berjalan setelah lampu menjadi
hijau.
(Anak-anak perhatikan video
yang bapak tampilkan!. Lihat bagaimana mobil tersebut saat lampu merah.
e.
Apersepsi : Apa yang terjadi
pada mobil saat akan berhenti di lampu merah dan berjalan setelah lampu menjadi
hijau? Apa tujuan pengemudi tersebut
mengerem mobilnya? Lalu apa yang dilakukan pengemudi setelah lampu menyala
warna hijau?)
f.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
(Hari ini kita akan
mempelajari tentang gerak lurus pada benda, tujuan pembelajaran hari ini adalah
……………… )
2. Kegiatan Inti (55 menit)
a.
Guru membagi kelompok dengan
beranggotakan 4-5 orang.
(Sebelumnya bapak akan membagi
kalian menjadi 4 kelompok, kelompok satu beranggotakan ……… . Silahkan duduk
dengan kelompoknya masing-masing)
b.
Guru memberikan LKS kepada
siswa.
(sekarang bapak akan
membagikan LKS kepada setiap kelompok)
Fase I : Observasi menemukan masalah
a.
Guru menampilkan
video tentang mobil yang menaiki lintasan menanjak dan menurun serta kereta api
yang sedang melaju.
(video mobil menanjak :
Anak-anak perhatikan mobil yang melaju tersebut, perhatikan bagaimana geraknya)
(video mobil menurun :
Anak-anak perhatikan mobil yang melaju tersebut, perhatikan bagaimana geraknya)
(video kereta api : Anak-anak
perhatikan kereta api yang melaju tersebut, perhatikan bagaimana geraknya)
b.
Guru meminta siswa untuk
menemukan masalah yang ada pada video yang ditampilkan.
(Apa perbedaan yang dapat kamu temukan pada ketiga video yang
bapak tampilkan tadi? variabel apa yang tidak sama dari ketiganya? Apa akibat
dari perbedaan tersebut?)
Fase II : Merumuskan masalah
a.
Guru meminta siswa untuk mengajukan
permasalahan yang ada pada video.
(Siapa yang bisa merumuskan
masalah dari fenomena ketiga video tadi? NB. Ketika siswa mengacungkan tangan
guru menuliskan rumusan yang dibuat di papan.)
b.
Guru dan siswa bersama-sama menyepakati rumusan masalah yang ada pada video yang ditampilkan.
(Dari rumusan masalah yang
sudah kita dapatkan, mana yang kalian rasa paling tepat?)
Fase III : Mengajukan hipotesis
a.
Guru membimbing siswa untuk
mengajukan hipotesis dari rumusan masalah yang ada.
(Siapa yang bisa membuat
hipotesis dari rumusan masalah tersebut?)
b.
Siswa mengajukan hipotesis dari rumusan
masalah yang telah disepakati.
Fase IV : Merencanakan pemecahan masalah (melalui
percobaan)
a.
Guru membimbing siswa untuk
merencanakan pemecahan masalah, membantu menyiapkan alat dan bahan serta
prosedur kerja.
(Anak-anak, untuk membuktikan hipotesis
yang telah kita dapatkan, kita akan melakukan percobaan tentang pengaruh
lintasan terhadap kecepatan. Karena alatnya terbatas, setiap kelompok
bergantian untuk melakukan percobaan)
Fase V : Melaksanakan percobaan
a.
Siswa melaksanakan percobaan
yang telah direncanakan untuk memecahkan masalah yang timbul.
(sekarang bapak minta kelompok
satu untuk merancang alat dan bahan yang digunakan untuk percobaan sesuai
dengan panduan di LKS, kelompok yang lain silahkan memperhatikan karena setelah
ini bapak akan menunjuk kelompok lain untuk melakukan percobaan yang pertama)
b.
Guru membimbing siswa selama
siswa melakukan percobaan.
Fase VI : Melakukan pengamatan
dan pengumpulan data
a.
Selama percobaan guru membantu
siswa untuk mengamati hal-hal yang penting dalam percobaan.
(Perhatikan titik-titik yang
ada dalam pita hasil tiker timer)
b.
Siswa mengumpulkan data dari
percobaan yang telah dilakukan.
c.
Guru membimbing siswa dalam
mengumpulkan data.
d.
Siswa mengolah data yang telah
diperoleh dari percobaan yang dilakukan.
(Silahkan memotong pita dengan
cara yang telah ditentukan kemudian menempel kertas tersebut pada kertas yang
tersedia untuk membuat grafik)
Fase VI : Analisis data
a.
Siswa menganalisa data yang
diperoleh dari percobaan yang dilakukan.
b.
Guru membantu siswa untuk
menemukan konsep dari analisa yang dilakukan.
(Dari grafik yang kalian buat
silahkan menentukan mana yang termasuk glb dan glbb apa ciri-cirinya?)
c.
Guru meminta kelompok untuk
mempresentasikan hasil analisis dari data yang diperoleh.
(Ayo silahkan kelompok satu
untuk mempresentasikan hasil percobannya di depan kelas)
d.
Guru mengarahkan siswa untuk
mencocokkan apakah hasil analisa yang diperoleh sama dengan hipotesis yang
diajukan saat awal pembelajaran.
(Berdasarkan percobaan yang
kalian lakuakan, apakah hasil yang kalian peroleh telah sesuai dengan hipotesis
yang kita tentukan tadi?, jadi hipoesis yang kita tentukan dinyatakan
diterima/ditolak karena telah/tidak sesuai dengan hasil percobaan)
Fase VII : Penarikan
kesimpulan atau penemuan
a.
Guru membimbing siswa
menyimpulkan hasil dari dari percobaan yang telah dilakukan
(Dari percobaan yang telah
kita lakuakn hari ini siapa yang dapat menyimpulkan hasil percobaan?)
b.
Guru membimbing siswa dalam
menemukan konsep dari percobaan glb dan
glbb yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup (20 menit)
a.
Guru membimbing siswa untuk
menyimpulkan hasil dari pembelajaran yang sudah dilakukan.
b.
Guru dan siswa melakukan
refleksi apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
c.
Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok
yang berkinerja baik.
d.
Sebelum mengakhiri pelajaran
guru melakukan tes tulis untuk menguji pemahaman siswa.
e.
Guru Menutup pembelajaran.
E.
Penilaian
1. Pengetahuan
a. Teknik
penilaian : tes tertulis
b. Bentuk
instrumen : soal uraian
Soal Uraian
1)
Sebutkan 3 perbedaan
kecepatan dengan kelajuan! (C2)
2)
Sebutkan ciri-ciri dari
gerak lurus beraturan (glb) ! (C2)
3)
Sebutkan ciri-ciri dari gerak lurus berubah beraturan (glbb)! (C2)
4) Perhatikan grafik berikut ini!
Grafik
di samping melukiskan gerak sebuah mobil yang bergerak lurus berubah beraturan.Tentukan
:
a.
Hitung percepatan mobil
b.
Jarak yang ditempuh mobil selama 8 sekon
5)
Jelaskan pengertian dari
glb dan glbb menurut pendapat kalian sendiri ! (C2)
Rubrik : lampiran 1
2. Keterampilan
a. Teknik
penilaian : penilaian
ketrampilan
b. Bentuk
instrumen : lembar presentasi LKS
Lembar Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah
|
Rerata Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
Dst.
|
Keterangan :
Aspek 1 :
Penyampaian
Aspek 2 :
Bukti data
Aspek 3 :
Struktur kalimat
Aspek 4 :
Cara menjawab
Rubrik : lampiran 2
F.
Media , Alat , dan Sumber Belajar
1.
Media
a.
Power
Point
2.
Alat
a.
Laptop
b.
LCD
Proyektor
c.
Papan
tulis
d.
Alat
tulis
3. Sumber Belajar
a. Buku
IPA SMP kelas VIII,
tahun 2013
b. Buku
lainya yang relefen
c. Lembar
Kerja Siswa (LKS)
d. Internet
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 GLAGAH
Lukman Sardi, M.Pd
NIP. 1966 0812
199512 2 001
|
Surabaya, Mei
2014
Guru Mata Pelajaran
Rita Sugigi, S.Pd.
NIP.
...................
|
|
Lampiran 1
LEMBAR PENILAIAN TES TERTULIS
No.
|
Kunci Jawaban
|
Rincian
Skor
|
Skor
|
1
|
§ Jarak
selalu ditinjau dari lintasan yang
ditempuh oleh benda yang bergerak, sedangkan perpindahan hanya ditinjau
dari kedudukan awal dan kedudukan
akhir.
§ Jarak
tidak memperhitungkan arah gerak
benda, sedangkan perpindahan memperhitungkan
arah gerak benda.
§ Jarak
merupakan besaran skalar karena
hanya mempunyai besar saja, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.
|
·
Menuliskan 3 perbedaan dengan benar. (15)
·
Menuliskan 2 perbedaan dengan benar . (10)
·
Menuliskan1
perbedaan dengan benar . (5)
|
15
|
2
|
Ciri
–cir dari glb
1.
Lintasan lurus
2.
Kecepatan konstan
3.
Percepatannya 0
|
·
Menyebutkan 3 ciri- ciri glb dengan
benar (15)
·
Menyebutkan 2 ciri- ciri glb dengan
benar (10)
·
Menyebutkan 1 ciri- ciri glb dengan benar . (5)
|
15
|
3
|
Ciri –cir dari glbb
1.
Lintasan lurus
2.
Kecepatan berubah secara teratur
3.
Memiliki percepatan
|
·
Menyebutkan 3 ciri- ciri glb dengan
benar (15)
·
Menyebutkan 2 ciri- ciri glb dengan
benar (10)
·
Menyebutkan 1 ciri- ciri glb dengan benar . (5)
|
15
|
4
|
Diketahui :
vo = 10 m/s vt = 20 m/s t = 8 sekon
Ditanya :
a. percepatan
b.Jarak tempuh saat t= 8s
Jawab : |
·
Menuliskan data yang diketahui, ditanya , dan 2
jawaban dengan benar (15)
·
Menuliskan data yang diketahui, ditanya , dan 1
jawaban dengan benar (10)
·
Menuliskan data yang diketahui, ditanya , dan
jawaban dengan salah (5)
|
30
|
5
|
·
Gerak lurus beraturan (GLB)
adalah gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa
percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan
adalah kelajuan kali waktu.
·
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus
suatu obyek, di mana kecepatannya
berubah terhadap waktu akibat adanya
percepatan yang tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh
tidak lagi linier melainkan kuadratik.
|
·
Menjelaskan glb dan glbb dengan benar(16)
·
Menjelaskan glb atau glbb dengan salah satu benar
dan yang satu salah (9)
|
25
|
LAMPIRAN 2
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
|
Penyampaian
|
Siswa menyampaikan hasil pengolahan data yang
diperoleh dengan suara yang jelas, tidak terlalu cepat dan dapat didengar
oleh semua anggota kelompok.
|
Siswa menyampaikan hasil pengolahan data yang
diperoleh dengan suara yang jelas, dapat didengar oleh semua anggota kelompok
namun terlalu cepat.
|
Siswa menyampaikan hasil pengolahan data yang
diperoleh dengan suara yang tidak jelas dan tidak dapat didengar oleh semua
anggota kelompok.
|
Bukti
data
|
Memberikan bukti yang kuat atas jawaban hasil diskusi
|
Memberikan beberapa bukti atas jawabannya
|
Tidak ada bukti atas jawabannya
|
Struktur
kalimat
|
Struktur kalimat
yang digunakan baik dan mudah dipahami.
|
Struktur kalimat yang digunakan baik tapi tidak
mudah dipahami
|
Struktur kalimat banyak yang keliru dan sulit dipahami
|
Cara
menjawab
|
Pertanyaan audiens dijawab dengan jelas dan dengan informasi yang
spesifik
|
Pertanyaan audiens dijawab dengan kurang jelas
|
Pertanyaan audiens tidak dijawab
|
Rubrik penilaian presentasi
sorry mas bro, baru baca kalimat pertama saja sudah salah...GLB a =0, V (konstan).
BalasHapusmungkin salah ketik y?